KULSUM NURUL, 215030026 (2025) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL GAMES BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AJAR ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
![]() |
Text
11. BABN IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan, karena adanya permasalahan pada peserta didik yang kurang terampil dalam menulis puisi dan penggunaan model juga media ajar yang membuat peserta didik merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model games based learning berbantuan ular tangga pada peserta didik kelas eksperimen di SMA Pasundan 1 Bandung. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen, sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan penerapan model games based learning berbantuan media ajar ular tangga pada pembelajaran keterampilan menulis. Juga untuk mengetahui keefektifan penggunaan model games based learning berbantuan media ajar ular tangga pada pembelajaran keterampilan menulis di kelas eksperimen. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa pemberian soal prates dan soal pascates pada peserta didik kelas eskperimen dan kelas kontrol yang merupakan populasi pada peserta didik kelas X di SMA Pasundan 1 Bandung. Hasil pada penelitian ini meliputi: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model games based learning berbantuan ular tangga pada peserta didik kelas eksperimen di SMA Pasundan 1 Bandung; (2) terdapat peningkatan kemampuan pada peserta didik dalam menulis puisi sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan penerapan model games based learning berbantuan media ajar ular tangga pada pembelajaran keterampilan menulis; (3) model games based learning berbantuan media ajar ular tangga terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas eksperimen, kurang efektif digunakan. Sesuai dari hasil olah data N-Gain Score mendapatkan jumlah rata-rata 44,18 atau dalam persentase menjadi 44,2%, dengan jumlah minumum -47% dan jumlah maksimum 81%. Kata Kunci: model games based lerning, media ajar, keterampilan menulis puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:12 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |