Ash Shiddiq, Amron Maroghi (2025) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO CAKRA BANDUNG DI ERA DIGITAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (741kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul “Strategi Komunikasi Radio Cakra Bandung Di Era Digital”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Radio Cakra 90.5 FM Bandung di era digitalisasi saat ini untuk tetap bisa menjaga keeksisan nya sebagai radio hiburan dan dapat bisa beradaptasi dengan media digital untuk menyampaikan pesan, informasi maupun hiburan kepada masyarakat Kota Bandung. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penggunaan metode penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Radio Cakra 90.5 FM Bandung di era digitalisasi saat ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi Komunikasi dari Hafied Cangara. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah Radio Cakra 90.5 FM Bandung di era digitalisasi saat ini menerapkan strategi komunikasi dalam melaksanakan kegiatannya untuk menyampaikan pesan, informasi maupun hiburan kepada masyarakat Kota Bandung. Strategi komunikasi yang dilakukan dimulai dari pemilihan komunikator program on air oleh Penyiar Radio Cakra Bandung dan program off air oleh Musisi Dangdut Indonesia yang telah mencakup kredibilitas, daya tarik dan kekuatan. Target sasaran Radio Cakra 90.5 FM Bandung adalah masyarakat Kota Bandung. Dalam penyusunan pesan oleh Radio Cakra Bandung selalu mempertimbangkan siapa yang akan menjadi target sasaran serta memasukkan tiga sifat pesan seperti informatif, edukatif dan persuasif. Radio Cakra 90.5 FM Bandung saat ini telah memanfaatkan berbagai media lama seperti spanduk, standing banner dan media elektronik radio serta menggunakan media baru yaitu media sosial seperti instragram, facebook, tiktok, streaming online, dan website dalam menyebarkan informasi guna untuk meningkatkan loyalitas pendengar di era digitalisasi saat ini. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Radio Cakra 90.5 FM Bandung, Loyalitas Pendengar, Era Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |