ANALISIS BIAS GENDER DAN DISFEMIA DALAM MEDIA MASSA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS BERITA

Kusuma Wardani, Adriansyah (2025) ANALISIS BIAS GENDER DAN DISFEMIA DALAM MEDIA MASSA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS BERITA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Adriansyah_Jurnal Literasi.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk, jenis, dan fungsi disfemia serta manifestasi bias gender dalam teks berita daring yang dimuat oleh media massa. Kajian ini dilandasi oleh teori disfemia menurut Warren (1992) dan Allan & Burridge (2009), serta teori ketidakadilan gender oleh Mansour Fakih (2007). Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis konten. Data diambil dari berita daring Sindo.News periode Desember 2024 yang relevan dengan isu perempuan dan kekerasan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai bentuk disfemia seperti kata tabu, ungkapan vulgar, hingga julukan, dan ejekan yang digunakan dalam konteks pemberitaan perempuan. Disfemia dalam penelitian ini banyak berfungsi untuk menekankan kondisi ekstrem, mempermalukan, serta mencirikan kelompok sosial tertentu. Selain itu, ditemukan pula bentuk-bentuk bias gender seperti subordinasi, stereotip, dan marginalisasi. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti mengembangkan bahan ajar menulis teks berita untuk Fase F yang berorientasi pada literasi kritis dan penulisan berita yang sesuai dengan etika jurnalistik. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut layak digunakan dengan revisi minor. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran berbasis isu sosial dan sensitivitas gender dalam pendidikan bahasa Indonesia. Kata Kunci: Teks berita, bias gender, disfemia

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:30
Last Modified: 25 Apr 2025 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75164

Actions (login required)

View Item View Item