PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

DESIAMI, RIFANI SUCI, 185050010 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (46kB)
[img] Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy sangatlah penting dimiliki oleh siswa. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis dan selfefficacy siswa SMP masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif; 4) Mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Soreang, yakni kelas 8F sebagai kelas eksperimen dan kelas 8G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis, serta angket self-efficacy. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning biasa; 3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif; 4) Pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif efektivitasnya besar terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan efektivitasnya sedang terhadap selfefficacy siswa. Kata Kunci : pemecahan masalah matematis, self-efficacy, model Problem Based Learning, multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:12
Last Modified: 24 Apr 2025 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75160

Actions (login required)

View Item View Item