IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MELALUI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 2 BANDUNG

Ayuningtias, Adisti (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MELALUI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 2 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Adisti Ayuningtias_jurnal_MPBSI_238090003.doc

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_adisi dan Gita.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan literasi numerasi peserta didik yang masih tergolong rendah. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah keterampilan berbahasa membaca dan memirsa yang kurang ditandai dengan kurangnya pemahaman membaca dan memaknai bacaan. Serta kesulitan dalam memilih model yang sesuai dengan pembelajaran diferensiasi. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model problem based learning bisa dijadikan sebuah alternatif yang digunakan dalam pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan implementasi pembelajaran diferensiasi menggunakan model PBL yang akan dilihat melalui AKM. Adapun pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melakukan penelitian pada kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung, diantaranya kelas XI TKJ G sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ F sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 56,00 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 78,13. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 52,68 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 70,00. Dilihat dari data nilai rata-rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi pembelajaran diferensiasi menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik uji wilcoxon mendapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) kelas eksperimen yaitu 0,000 yang berarti kurang dari 0,005. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran diferensiasi menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Kata Kunci: Diferensiasi, literasi numerasi, AKM

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:27
Last Modified: 22 Apr 2025 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75137

Actions (login required)

View Item View Item