Dwiardi Shola Pradmia, 185020054 (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Katapang Materi Teori Pertumbuhan Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. Cover Skripsi_185020054.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan_185020054.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Abstrak Skripsi_185020054.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
5. BAB I_185020054.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
6. BAB II_185020054.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
7. BAB III_185020054.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
![]() |
Text
8. BAB IV_185020054.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
![]() |
Text
9. BAB V_185020054.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Pustaka_185020054.pdf Download (308kB) |
Abstract
Kegiatan belajar harus dilakukan dengan kesadaran diri akan pentingnya pelaksanaan kegiatan belajar. Keterampilan untuk menyadari akan pentingnya pelaksanaan kegiatan belajar, merupakan keterampilan metakognitif yang harus dimiliki oleh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan metakognitif siswa melalui model pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran ekonomi materi teori pertumbuhan ekonomi di kelas XI IPS SMAN 1 Katapang. Penelitian ini juga mencari tahu peningkatan keterampilan metakognitif siswa di kelas lain, melalui model pembelajaran small group discussion. Juga perbandingan antara besar peningkatan keterampilan metakognitif di kelas yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran small group discussion. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian ekseprimental, nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji normalitas, uji rata-rata skor tes, uji standar deviasi, dan uji hipotesis: uji paired simple t-test, uji n-gain score, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat peningkatan keterampilan metakognitif setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran reciprocal teaching dengan n-gain score sebesar 61,2% yang termasuk ke dalam kategori “sedang”. 2) Terdapat peningkatan keterampilan metakognitif setelah dilakukan pembelakajaran dengan model pembelajaran small group discussion dengan ngain score sebesar 27,2% yang termasuk ke dalam kategori “rendah”. 3) Pembelajaran dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih efektif meningkatkan keterampilan metakognitif siswa dari pada pembelajaran dengan model pembelajaran small group discussion di kelas XI IPS SMAN 1 Katapang mata pelajaran ekonomi materi teori pertumbuhan ekonomi. Peneliti menyampaikan saran kepada: pihak sekolah diharapkan mengevaluasi pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran yang meningkatkan keterampilan metakognitif siswa; guru menggunakan model pembelajaran yang meningkatkan keterampilan metakognitif, seperti model pembelajaran reciprocal teaching; siswa diharapkan memiliki keterampilan metakognitif; dan peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji efektivitas model pembelajaran reciprocal ii teaching pada sekolah, jenjang, atau mata pelajaran lain, dalam meningkatkan keterampilan metakogntif siswa. Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Model Pembelajaran Small Group Discussion
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:29 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |