PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN RASA INGIN TAHU SERTA HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

ANNA KARINA, 115060149 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN RASA INGIN TAHU SERTA HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER,ABSTRAK.docx

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
motto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
COVER,ABSTRAK.docx

Download (58kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap teliti dan rasa ingin tahu serta hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN Cigondewah I dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Skripsi ini menjelaskan mengenai Penelitian Tindakan kelas (PTK). PTK ini menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dengan 2 siklus. Pemahaman siswa yang dicapai setelah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan KKM 68 pada siklus I siswa yang telah sudah tuntas sebesar 95,2% dan siklus II sebesar 97,6% (meningkat sebesar 2,4%). Sikap siswa yang dicapai setelah menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I sikap teliti sebesar 56,3%, rasa ingin tahu sebesar 54,1% dan pada siklus II sikap teliti sebesar 90,1% (meningkat sebesar 33,8%) dan rasa ingin tahu sebesar 91% (meningkat sebesar 36,9%)Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap teliti dan rasa ingin tahu serta hasil belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat pembelajaran matematika di kelas V SD. Kata kunci: PBL, Sikap Teliti, dan Rasa Ingin Tahu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 18:59
Last Modified: 02 Aug 2016 18:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7509

Actions (login required)

View Item View Item