ANALISIS FRAMING BERITA PILPRES 2024 DIMEDIA INEWS.ID DAN VIVA.CO.ID

Rahman, Farhan Nur (2024) ANALISIS FRAMING BERITA PILPRES 2024 DIMEDIA INEWS.ID DAN VIVA.CO.ID. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (18kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (200kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)

Abstract

Penyelenggaraan Pilpres 2024 merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat yang merupakan kehendak mutlak bangsa Indonesia setelah menetapkan dirinya sebagai negara demokrasi. Media massa khususnya media online, dianggap menjadi wadah kampanye politik yang efektif untuk memperluas informasi terkait isu politik sebagai referensi publik dalam menentukan orientasi politiknya. Namun dewasa ini, adanya afiliasi media dengan partai politik telah mempengaruhi netralitas pemberitaan media yang menyebabkan keberpihakan pada salah satu Paslon tertentu. Hal tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi kepada penggiringan opini publik ke arah tujuan yang diharapkan media bersangkutan. Penelitian ini menggukan metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada analisis framing pemberitaan Pilpres 2024 yang dimuat di Inews.id dan viva.co.id dengan menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. kosicki dan teori konstruksi realitas sosial. Peneliti tertarik untuk meneliti kedua media tersebut karena memiliki perbedaan ideologi dan sistem kepemilikan yang mempengaruhi sikap politik masing-masing media pada Pilpres 2024. Inews.id tergabung ke dalam MNC group milik Hary Tanoesoedibjo yang berafiliasi dengan partai politik Perindo dan merupakan partai yang berkoalisi dengan partai PDI yang mengusung Ganjar Pranowo. Sedangkan, viva.co.id yang merupakan anak perusahaan dari PT Visi Media Asia Tbk milik Aburizal Bakrie, berafiliasi dengan partai Golkar yang telah dan merupakan partai yang berkoalisi dengan partai Gerinda yang mengusung Prabowo Subianto. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inews.id dan viva.co.id sama-sama terlihat memiliki keberpihakan pada salah satu Paslon dalam pelaksanaan Pilpres 2024. Inews.id kepada kubu Ganjar Pranowo, sedangkan viva.co.id kepada kubu Prabowo Subianto. Hal tersebut nampak pada pemberitaan Pilpres 2024 yang dimuat pada masing-masing media cenderung memuat lebih banyak pemberitaan positif mengenai Paslon yang didukungnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:00
Last Modified: 21 Apr 2025 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75086

Actions (login required)

View Item View Item