OKTAVIA IQLIMA DWI, 205050059 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
cover.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning; (2) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning; (3) Mengetahui apakah Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning; (4) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dengan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery learning berbantuan GeoGebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Geogebra dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-efficacy. Data yang telah didapatkan diolah dengan bantuan Software IBM SPSS 23.0 for Windows 10. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning; (2) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning; (3) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Discovery Learning; (4) Tterdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dengan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery learning berbantuan GeoGebra. Kata Kunci:Discovery Learning, Geogebra, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:50 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |