Elpridayola Vinola, 205030044 (2025) PENERAPAN METODE SOCRATES BERBANTUAN MEDIA KARTU BICARA PADA PEMBELAJARAN TEKS DEBAT UNTUK SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 7. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan peserta didik pada kemampuan berbicara teks debat dan sulitnya mengembangkan ide dalam. Faktor yang menyebabkan hal ini yaitu kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran yang kreatif dan informatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbicara teks debatmenggunakan metode socrates menggunakan media kartu bicara pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 Bandung serta untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran berbicara debat berorientasi pada berpikir kreatif menggunakan metode Socrates menggunakan media kartu bicara dan kelas kontrol tanpa menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir serta kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi data prates dan pascates dari peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran berbicara teks debat dengan menggunakan metode socratesmenggunakan media kartu bicara. Terdapat peningkatan rata-rata Prates dari nilai 61,53 menjadi 84,87 pada pascates di kelas eksperimen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 84,87 sedangkan kelas kontrol 81,07 Kata kunci : Metode Socrates, Pembelajaran bicara teks debat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:30 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |