FENOMENA DUNIA VIRTUAL ROLEPLAYER DI MEDIA SOSIAL X

Fajriah, Nadiatul (2025) FENOMENA DUNIA VIRTUAL ROLEPLAYER DI MEDIA SOSIAL X. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 bahasa.pdf

Download (383kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “FENOMENA DUNIA VIRTUAL ROLEPLAYER DI MEDIA SOSIAL X”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif Korean Idol Roleplayer bermain Roleplay, juga untuk mengetahui bagaimana tindakan Korean Idol Roleplayer dalam menggunakan media sosial X dan juga untuk mengetahui bagaimana para Korean Idol Roleplayer memaknai Roleplay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, studi lapangan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti, diperoleh jawaban mengenai motif, tindakan dan makna Roleplay dari para Korean Idol Roleplayer. Motif para Korean Roleplayer dalam bermain Roleplay untuk mengisi waktu luang mereka, menghilangkan stress yang mereka rasakan, dan mencari teman secara online. Kemudian tindakan dari para informan dalam bermain Roleplay yaitu mereka merasa menjadi lebih peka, ramah, lebih bisa berkomunikasi dengan orang lain, dan berekspresi. Terakhir hasil yang diperoleh yaitu mengenai makna dari Roleplay. Secara keseluruhan para Korean Idol Roleplayer memaknai Roleplay sebagai tempat yang nyaman dan aman untuk berekspresi, bercerita dan berimajinasi. Saran yang dapat peneliti berikan pada para Korean Idol Roleplayer yaitu untuk lebih bijak lagi dalam memainkan Roleplay, jangan terlalu melibatkan banyak perasaan dan jangan terlalu mendalami peran yang tengah dimainkan agar tujuan untuk melepas penat dari tekanan dunia nyata benar-benar terwujud. Manfaatkan Roleplay ini untuk diambil sisi positifnya saja. Kata kunci : Fenomenologi, Roleplay, Korean Idol Roleplayer

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:58
Last Modified: 16 Apr 2025 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74947

Actions (login required)

View Item View Item