STRATEGI CONTENT MARKETING TIKTOK DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Kasus Pada 18 Coffee & Garden)

Maulani, Nadila Rahmi (2025) STRATEGI CONTENT MARKETING TIKTOK DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Kasus Pada 18 Coffee & Garden). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Isi - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Abstrak 3 bahasa - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Kata Pengantar - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Bab 1 - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Bab 2 - Nadila Rahmi Maulani.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi content marketing yang dilakukan oleh 18 Coffee & Garden dalam meningkatkan customer engagement melalui media sosial TikTok, mengetahui bentuk customer engagement yang diperoleh, serta mengidentifikasi hambatan dan upaya yang dilakukan dalam menyajikan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori content marketing dari Kingsnorth, dan teori customer engagement dari Dessart et al. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 18 Coffee & Garden menerapkan strategi content marketing di TikTok berdasarkan tujuh indikator dari Kingsnorth, yaitu credible, shareable, useful or fun, interesting, relevat, different, dan on brand. Konten yang dibuat oleh 18 Coffee & Garden di TikTok sudah kredibel, menarik, dan mudah dibagikan, terutama yang menampilkan live music dan suasana kafe. Namun, konten edukatif dan relevansi dengan kebutuhan audiens masih kurang. (2) Strategi ini menghasilkan bentuk customer engagement dalam tiga dimensi yaitu: afektif, kognitif, dan perilaku. Konten yang disajikan terbukti mampu membangun enjoyment dan perhatian audiens, terutama melalui visualisasi suasana, live music, dan event. Namun, konten edukatif dan interaktif masih kurang maksimal, sehingga beberapa aspek keterlibatan seperti antusiasme, penyerapan, dan pembelajaran belum optimal. (3) Hambatan utama yang dihadapi adalah tingginya persaingan dan keterbatasan dalam menciptakan konten yang kreatif dan relevan. Untuk mengatasinya, 18 Coffee & Garden memfokuskan strategi pada keunikan konsep merek, memperkuat interaksi dengan audiens, serta mengikuti tren dan menjalin kolaborasi dengan influencer. Saran yang dapat diberikan kepada 18 Coffee & Garden, diharapkan dapat memahami karakteristik dan kebutuhan audiens sebelum menyusun konten, memperbanyak variasi konten yang bersifat edukatif dan informatif, serta mempertahankan identitas dan keunikan merek yang telah menjadi ciri khas di platform TikTok. Dengan strategi yang lebih terarah dan berkelanjutan, diharapkan tingkat keterlibatan pelanggan dapat terus meningkat. Kata kunci: Pemasaran Digital, Pemasaran Konten, Keterlibatan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:08
Last Modified: 15 Apr 2025 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74894

Actions (login required)

View Item View Item