Febri, Febri (2025) PENGARUH LOKASI USAHA DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA WARPIK COFFEE REST KOTA BEKASI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
12.BAB 1.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
5.Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
1.Cover.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
6.Kata Pengantar.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
8.Daftar isi.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
17.Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
13.BAB 2.pdf Download (369kB) |
Abstract
Warpik Coffee Rest adalah salah satu kedai kopi yang berada di kota Bekasi. Warpik Coffee Rest ini sudah berdiri sejak tahun 2020 dan sudah berjalan 5 tahun hingga saat ini. Berdasarkan hasil penelitian terdapat masalah pada minat beli yaitu minat transaksional dan minat referensional. Permasalahan tersebut diduga disebabkan oleh lokasi yang kurang strategis terutama yang menyangkut tentang visibilitas dan disebabkan oleh penggunaan media sosial Instagram terutama yang menyangkut tentang komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh lokasi usaha dan media sosial Instagram terhadap minat beli konsumen pada Warpik Coffee Rest Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan angket, sedangkan pengumpulan data sekunder dengan cara studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dugunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, korelasi rank Spearman, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, analisis rank spearman didapatkan nilai korelasi sebesar 0,565 yang betanda positif untuk Lokasi usaha dan 0,557 yang bertanda positif untuk media sosial,dapat disimpulkan Lokasi usaha dan media sosial memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel lokasi usaha dan media sosial mempengaruhi variabel minat beli konsumen sebesar 57,8%, sisa sebesar 42,2% dipengaruhi oleh variabel lain, seperti harga, kualitas produk dan lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Warpik coffee rest memiliki beberapa hambatan yaitu lokasi yang kurang strategis, tidak ada plang atau tanda lokasi usaha, informasi produk pada media sosial Instagram belum tersampaikan dengan baik dan engagement media social Instagram tergolong kurang, bahkan like dan juga followers tidak naik secara signifikan dari tahun 2020. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah melakukan penigkatan akses, visibilitas, tempat parkir membuat plang yang mencolok agar mudah dilihat dibaca oleh para calon konsumen dan mengoptimalkan media sosial Instagram dengan merekrut karyawan khusus di bidang social media specialis. Kata kunci : Lokasi Usaha, Media Sosial Instagram, Minat Beli Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 03:14 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |