PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK DI SDN 2 GIRIMAKMUR

FEBRIANA BAGUS, 205060211 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK DI SDN 2 GIRIMAKMUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penguasaan konsep di Indonesia menjadi masalah yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat penguasaan konsep di Indonesia masih rendah berdasarkan hasil survei Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang diselanggarakan oleh Global Institutel, diketahui bahwa Indonesia menepati peringkat ke 44 dari 49 negara dalam bidang sains. Permasalahan lain yang ditemukan di SDN 2 Girimakmur terjadi pada peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPAS dikarenakan pada kurangnya inovasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model project based learning berbasis canva terhadap peningkatan penguasaan konsep pembelajaran IPAS peserta didik di SDN 2 Girimakmur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design tipe one group pretestposttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 15 soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis perhitungan menggunakan uji one sample t test didapatkan hasil uji hipotesis dengan keputusan Ho ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model project based learning berbasis media canva terhadap penguasaan konsep pada peserta didik kelas IV SDN 2 Girimakmur. Pengukuran peningkatan kemampuan penguasaan konsep pada peserta didik menggunakan uji N-gain Score pada kelas eksperimen dan menunjukkan bahwa hasil uji N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 0,5408 atau 54% yang berarti hasil data tersebut berklasifikasi sedang. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning (PjBL) berbasis media canva terhadap peningkatan kemampuan penguasaan konsep IPAS di kelas VI di SDN 2 Girimakmur. Kata Kunci: project based learning, canva, penguasaan konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Mar 2025 07:37
Last Modified: 20 Mar 2025 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74829

Actions (login required)

View Item View Item