PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Pada Siswa Kelas II di SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung)

PUTRI FIDI LISTIYANA, 205060154 (2025) PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Pada Siswa Kelas II di SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (730kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (121kB)
[img] Text
11. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas II SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung khususnya pada materi pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent group yang di dalamnya terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media kantong bilangan berbantuan aplikasi wordwall, sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang berupa pretest dan posttest serta non tes yaitu observasi. Pretest dan posttest dilakukan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Sedangkan observasi dilakukan untuk mencatat dan mengevaluasi perilaku, aktivitas, serta keterlibatan guru dan siswa selama proses pembelajaran serta mengukur seberapa baik siswa dapat memahami konsep pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Independent Sample T Test), uji NGain, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan mean pretest kelas eksperimen sebesar 51,12 dan kelas kontrol sebesar 47,84. Sedangkan mean posttest kelas eksperimen sebesar 78,32 dan kelas kontrol sebesar 65,24. Pengujian hipotesis dengan Independent Sample T Test menunjukkan hasil dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika setelah menggunakan media kantong bilangan berbantuan aplikasi wordwall. Kata kunci : Kantong Bilangan, Wordwall¸ Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:16
Last Modified: 07 Feb 2025 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74633

Actions (login required)

View Item View Item