PUTRI FIDI LISTIYANA, 205060154 (2025) PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Pada Siswa Kelas II di SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
3. PENGUJI.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRACT.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
11. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
13. BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
14. BAB II.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
![]() |
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
![]() |
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
![]() |
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas II SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung khususnya pada materi pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent group yang di dalamnya terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media kantong bilangan berbantuan aplikasi wordwall, sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang berupa pretest dan posttest serta non tes yaitu observasi. Pretest dan posttest dilakukan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Sedangkan observasi dilakukan untuk mencatat dan mengevaluasi perilaku, aktivitas, serta keterlibatan guru dan siswa selama proses pembelajaran serta mengukur seberapa baik siswa dapat memahami konsep pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Independent Sample T Test), uji NGain, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan mean pretest kelas eksperimen sebesar 51,12 dan kelas kontrol sebesar 47,84. Sedangkan mean posttest kelas eksperimen sebesar 78,32 dan kelas kontrol sebesar 65,24. Pengujian hipotesis dengan Independent Sample T Test menunjukkan hasil dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika setelah menggunakan media kantong bilangan berbantuan aplikasi wordwall. Kata kunci : Kantong Bilangan, Wordwall¸ Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |