PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PRODUK DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK FASE D SMP NEGERI 1 WANAYASA

Saputra, Deri (2025) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PRODUK DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK FASE D SMP NEGERI 1 WANAYASA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
MUNAJI_DIH.docx

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK DERI SAPUTRA MPBI.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi produk dengan model problem solving untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Fase D SMP Negeri 1 Wanayasa. Latar belakang penelitian ini mencakup kesulitan peserta didik dalam menulis teks berita, rendahnya kemampuan berpikir kritis, kurang efektifnya metode ekspositori, serta belum optimalnya penerapan pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini menawarkan solusi dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi produk dengan model problem solving yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Tujuannya adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi produk dalam menulis teks berita, (2) mengukur peningkatan kemamapuan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan problem solving, (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran berdiferensiasi produk yang menggunakan problem solving dengan ekspositori, dan (4) memaparkan dampak pembelajaran berdiferensiasi produk dalam keterampilan menulis teks berita terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan kelas eksperimen menerapkan pembelajaran berdiferensiasi produk dengan model problem solving, sementara kelas kontrol menggunakan metode ekspositori. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks berita dan berpikir kritis. Hasil menulis teks berita kelas eksperimen meningkat dari 59,5 menjadi 85, sedangkan kelas kontrol hanya naik dari 65 menjadi 75,5. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen juga meningkat dari 2,14 menjadi 3,29, sementara kelas kontrol hanya naik dari 2,39 menjadi 2,88. Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi produk dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita dan kemampuan berfikir kritis peserta didik Fase D SMP Negeri 1 Wanayasa. Kata Kunci: diferensiasi produk, problem solving, keterampilan menulis teks berita, berpikir kritis, kuasi eksperimen

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:03
Last Modified: 06 Feb 2025 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74628

Actions (login required)

View Item View Item