PENERAPAN STRATEGI PASAR DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN BERBASIS DAYA TARIK PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA DALAM MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN

Martoyo, Anang and Mr, Sucherly and Juju, Undang (2025) PENERAPAN STRATEGI PASAR DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN BERBASIS DAYA TARIK PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA DALAM MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Disertasi Anang Martoyo DIM189010012.docx

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK_Sunda.docx

Download (10kB)

Abstract

UMKM berperan dalam berperan dalam menyangga dan menjadi dinamisator pertumbuhan perekonomian Indonesia, namun khususnya segmen mikro memiliki permasalahan dalam tingkat pertumbuhan kinerja dan peningkatan skala usahanya. Penelitian bertujuan menganalisis kemampuan pelaku usaha mikro dalam menerapkan strategi pasar dan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan unit analisis pelaku usaha mikro penerima KUR Bank BRI di wilayah DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui proportional-clustered-random-sampling dengan jumlah sampel 400 responden. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder dengan pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, wawancara dan kuesioner secara cross sectional. Teknik analisis menggunakan analisis SEM dengan program LISREL 8.8 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi daya tarik pasar berada pada kriteria yang cukup menarik menuju sangat menarik, sedangkan keunikan sumber daya berada pada kriteria cukup unik menuju unik, strategi pasar dan strategi bauran pemasaran berada pada kriteri cukup efektif menuju efektif, serta kinerja pemasaran berada pada kriteria cukup tinggi menuju tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan daya tarik pasar dan keunikan sumber daya terhadap strategi pasar sebesar 79,40% dan pengaruhnya terhadap strategi bauran pemasaran sebesar 67,70%, serta strategi pasar dan strategi bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran sebesar 84,20%. Penentuan posisi dalam strategi pasar dan distribusi dalam strategi bauran pemasaran masing-masing memberikan konstribusi yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja pemasaran. Rekomendasi bagi pelaku usaha mikro agar dalam merumuskan strategi pasar dan strategi bauran pemasaran mempertimbangkan aspek intensitas persaingan dan kompetensi sumber daya manusia yang unggul untuk mencapai peningkatan kinerja pemasaran yang lebih optimal. Kata Kunci: Daya Tarik Pasar, Keunikan Sumbedaya, Strategi Pasar, Strategi Bauran

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 11 Jan 2025 05:09
Last Modified: 11 Jan 2025 05:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74589

Actions (login required)

View Item View Item