IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanjungsari)

GHIFARY DWI SANDI RIZAL, 155010031 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanjungsari). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (883kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses, hambatan, dan solusi implementasi pembelajaran daring dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Tanjungsari. Jenis penelitian ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan teknik analisis data analisis dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi pembelajaran daring pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Tanjungsari sudah berjalan baik dengan pemberian fasilitas pendukung oleh sekolah terhadap pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring dari mulai sosialisasi dan pemberian laptop. Sementara hambatan yang dialami selama pembelajaran daring diantaranya guru usia tua yang terkendala masalah teknis, minat belajar peserta didik yang kurang dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan, ketersediaan jaringan internet yang tidak stabil bahkan tidak ada sama sekali, dan keterbatasan kuota peserta didik. Sehingga solusi pada penelitian ini ialah memerlukan kerja sama dari berbagai pihak khususnya pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam melancarkan dan mendukung pembelajaran daring di masa pandemik dengan berbagai regulasi atau kebijakan yang relevan . Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar, PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:29
Last Modified: 08 Jan 2025 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74581

Actions (login required)

View Item View Item