PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA APLIKASI DONGENG NUSANTARA (DORA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

LUKITADEWI ANGGIA, 205060025 (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA APLIKASI DONGENG NUSANTARA (DORA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik di SDN 042 Gambir. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Script berbantuan media aplikasi dongeng nusantara terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas III. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan quasi experiment dan desain nonequivalent control group. Instrument yang digunakan terdiri dari tes keterampilan berbicara berupa soal tes lisan, serta instrument non-tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Pengolahan data mencakup uji normalitas, uji homogenias, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Script berbantuan media aplikasi dongeng nusantara berjalan lancar dan berdampak positif pada keterampilan berbicara peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan antusiasme dan keaktifan peserta didik serta kenaikan nilai rata-rata dari 49.83 pada pretest menjadi 89.17 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan uji menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan berbicara antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji N-gain menghasilkan nilai 77% dan uji effect size menunjukkan angka 3,91 yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model Cooperative Script memiliki pengaruh yang signifikan dan tinggi terhadap peningkatan keterampilan berbicara peserta didik disekolah dasar. Kata Kunci : keterampilan berbicara, model cooperative script, media dongeng digital

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Nov 2024 06:20
Last Modified: 01 Nov 2024 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74144

Actions (login required)

View Item View Item