SAPUTRA, VIEO GANGGA (2024) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TOKOPEDIA EDISI "TOKOPEDIA X BLACKPINK : WAKTUNYA INDONESIA BELANJA (WIB) DI TELEVISI". Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (598kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TOKOPEDIA EDISI "TOKOPEDIA X BLACKPINK : WAKTUNYA INDONESIA BELANJA (WIB) DI TELEVISI". Iklan Tokopedia x Blackpink ini memiliki makna tanda- tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan dan makna yang terkandung pada iklan Tokopedia x Blackpink ini. Pada penelitian ini makna dibagi menjadi tiga unsur sesuai dengan konsep semiotika Roland Barthes. Makna yang pertama yaitu denotasi merupakan makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas pertunjukan yang lugas serta sifatnya objekif. Makna yang kedua yaitu konotasi merupakan aspek makna dari sebuah kata, yang didasarkan atas pikiran atau perasaan yang ditimbulkan pada pembicara dan pendengar. Makna ketiga yaitu mitos yang menggabungkan antara denotatif dan konotatif yang merupakan sebuah ideologi, yang berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu. Metode yang dipilih dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barhes, penelitian menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial yang di kemukakan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail, data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif kedalam bentuk paragraph. Hasil dari penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah kepada sesuatu hal yang murah, serta keuntungan yang didapatkan sehingga seakan-akan orang-orang tidak mempercayai promo tersebut. KATA KUNCI: Semiotika, Tokopedia, Blackpink
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:36 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74057 |
Actions (login required)
View Item |