PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

DEA MANDASARI, 115060220 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR JUDUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (30kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
PTK BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
PTK BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
PTK BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
PTK BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
PTK BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cisoka Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 26 orang. Penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan. Faktor lain yang menyebabkan kondisi seperti ini adalah kemampuan guru yang kurang maksimal, misalnya penggunaan media pembelajaran yang kurang melibatkan siswa, cara mengajar yang masih monoton, kurang inovatif dan variatif dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga menyebabkan siswa menjadi mudah bosan dan kurang termotivasi. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan model cooperative learning dengan proses yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Model yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus atau tindakan, setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 69,61 % meningkat sebesar 18,84 % pada siklus II menjadi 88,45% dan untuk hasil tes yaitu pada pra siklus mencapai 64,8 % meningkat 11,7 % menjadi 76,5 % pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 13,35 % menjadi 89,85 % pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata Kunci: Cooperative Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 18:03
Last Modified: 01 Aug 2016 18:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item View Item