Fahrisa Kirana, 205060125 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DI KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SD Negeri 018 Sukagalih yang belum mencapai standar minimal nilai KKTP 70 karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya keberagaman model dan media pembelajaran yang diterapkan. Kurangnya keberagaman ini menyebabkan siswa cepat bosan dan mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang cukup rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V SD Negeri 018 Sukagalih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 018 Sukagalih sebanyak 56 siswa, sampel yang diambil dengan teknik sampling jenuh, terdiri dari dua kelas kelas VA sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest sebanyak 15 soal, lembar observasi, dan angket. Teknik pengolahan data yang dilakukan diantaranya menggunakan uji normalitas dilihat dari hasil uji Shapiro-Wilk karena sampel 50, uji homogenitas keduanya memperoleh nilai signifikansi 0,05, dan uji Paired sample t-Test yang dibantu oleh aplikasi SPSS versi 27. Adapun hasil uji hipotesis bahwa HO Ha menunjukkan nilai signifikansi 0,001 0,05 artinya HO ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Project Based Learning berbantuan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA di kelas V SD Negeri 018 Sukagalih terlihat dari hasil pretest dan posttest. Selanjutnya berdasarkan hasil angket respon siswa memperoleh hasil sebesar 89,29% artinya siswa menunjukkan respon yang sangat positif terhadap penerapan diorama pada materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan kelas V SD Negeri 018 Sukagalih. Kata Kunci: Media diorama, model Project Based Learning, muatan IPA, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 09:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72525 |
Actions (login required)
View Item |