PRESENTASI DIRI PENGGUNA ADIKTIF MEDIA SOSIAL PADA PLATFORM INSTAGRAM

Nurmalawati, Annisa Pinuja (2024) PRESENTASI DIRI PENGGUNA ADIKTIF MEDIA SOSIAL PADA PLATFORM INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstark 3 Bahasa.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Presentasi Diri Pengguna Media Sosial Adiktif pada Platform Instagram” dengan sub judul Studi Dramaturgi Presentasi Diri Pengguna Media Sosial Adiktif pada Platform Instagram Di Kalangan Mahasiswa Bandung. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang sebagai informan inti dan Dinda Dwarawati S.Psi., M.Psi. beliau berprofesi sebagai seorang psikolog dari Unit Layanan Psikologi Terpadu (ULPT) UNISBA dan dosen Fakultas Psikologi di Universitas Islam Bandung. Tujuan dari disusunnya skripsi ini adalah untuk mengidentifikasi presentasi diri pengguna media sosial adiktif pada platform Instagram khususnya mahasiswa dan mahasiswi Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bentuk panggung depan (front stage) pada Instagram dan panggung belakang (back stage) atau realita pada dunia nyata seseorang yang mengalami adiksi media sosial. Penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi yang diperkenalkan oleh Erving Goffman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa tahapan yaitu studi literatur dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Instagram memang cenderung menjadi media untuk menampilkan sisi-sisi tertentu sesuai dengan tujuan individu terkait. Namun, dalam konteks pengguna media sosial adiktif, terdapat perbedaan atau gap yang terlampau cukup jauh. Individu yang mengalami adiksi akan sering mencurahkan waktu dan energi untuk membangun serta mempertahankan citra kesempurnaan digitalnya. Di sisi lain, individu tersebut memiliki berbagai masalah emosional dan sosial yang terjadi di kehidupan realitas mereka yang cenderung bertentangan dengan penampilan diri di Instagram. Kata Kunci: Adiksi, Instagram, Dramaturgi, Kesenjangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:25
Last Modified: 14 Oct 2024 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72504

Actions (login required)

View Item View Item