PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Siti Suminar, Chandra and G Kartasasmita, Bana and Firmansyah, Eka (2024) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Chandra 228060002 MPM.docx

Download (54kB)

Abstract

Perspektif konstruktivis sosial harus digunakan dalam pembelajaran matematika untuk membangun proses pembelajaran yang aktif. Strategi pembelajaran Scaffolding adalah strategi pembelajaran yang mendukung dan dapat meningkatkan hal tersebut. Dengan melihat hasil dari PAS yang telah dilakukan dikelas X diperoleh rata-rata siswa SMAN 1 cikidang memperoleh nilai 32, sehingga SMAN 1 Cikidang masuk dalam kategori rendah pada kemampuan berpikir statistisnya. Kemandirian belajar yang rendah pun dapat dilihat dari kebiasaan belajar yang ditinggalkan atau tugas yang tidak dikerjakan saat guru tidak masuk kelas, rendahnya kemandirian belajar siswa membuat kurangnya kemampuan berpikir statistis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah peningkatkan kemampuan berpikir statistis dan kemandirian belajar siswa sma dengan strategi pembelajaran scaffolding berbasis etnomatematika. Desain penelitian adalah desain Quasi Eksperimen Penelitian ini merupakan penelitian campuran antara penelitian kuantitatif dan kualitatif (mix methode). Kemampuan awal matematika siswa di jadikan patokan untuk mengelompokkan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir statistis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi scaffolding dimana kemampuan berpikir statistis siswa lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan KAM tinggi dan sedang, sedangkan untuk KAM rendah siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional lebih tinggi dari pada yang memperoleh strategi pembelajaran scaffolding. Dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran scaffolding lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung atau konvensional. Ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran scaffolding lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir statistis dan meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:03
Last Modified: 09 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72392

Actions (login required)

View Item View Item