Muhamad Zamah Sahri, 115060103 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.docx Download (45kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (35kB) |
|
Text
ABSTRAK Inggris.doc Download (29kB) |
|
Text
Kata Pengantar dan ucpan terima kasih.docx Download (19kB) |
|
Text
Daftar ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (364kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
BAB V baru.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cigumelor dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan aktivitasnya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning tipe example non example. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe example non example yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian aktivitas nilai rata-rata siklus 1 yaitu 65 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 75,5. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 60,80, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,87. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa Indonesia di kelas V SDN Cigumelor. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning tipe example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning tipe example non example, aktivitas, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 17:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 17:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7239 |
Actions (login required)
View Item |