Rahmah Mutia Audina, 205020072 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS B MAN 1 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang timbul yaitu penggunaan model pembelajaran yang monoton, hasil belajar siswa yang kurang mendalam serta kurangnya fokus siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Bandung, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang terdiri dari pretest dan posttets dan studi dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel pada penelitian ini yaitu pengaruh model problem based learning berbantuan mind mapping sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yang dibuktikan dengan nilai hasil uji independent sample test < 0,05. Nilai cohen’s d yang dihasilkan sebesar 1,12% dan effect size r sebesar 0,48%. yang dapat diinterpretasikan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping berpengaruh besar terhadap hasil belajar. Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada kepala sekolah yaitu menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kepada guru yaitu untuk menggunakan model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, kepada siswa untuk senantiasa aktif dalam proses pembelajaran dan kepada peneliti selanjutnya yaitu untuk menjadi bahan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan topik yang sama pada kelas yang berbeda. Kata Kunci: Model problem based learning, Mind mapping, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:39 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72383 |
Actions (login required)
View Item |