RETNO MEGAWATI, 115060157 (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMIS I KECAMATAN CIKEDUNG KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (58kB) |
|
Text
semua.docx Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK.docx Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP baru.docx Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk penerapan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi permasalahan sosial pada siswa kela IV SD Negeri Amis I Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu tahun ajaran 2014/2015. Pembelajaran Inkuiri menekankan proses mencari dan menemukan, sedangkan peran siswa dalam strategi ini mencari dan menemukan sendiri sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan membimbing siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti ini berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Sumber data yang digunakan adalah informasi data dari narasumber yaitu guru kelas IV, arsip nilai ulangan harian siswa, hasil pengematan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dan informasi lain tentang sekolah dan sejarahnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar keja siswa, wawancara dan lembar observasi. Berdasarkan pengamatan dari analisis data yang ada, dapat dilihat adanya peningkatan terhadap materi permasalahan sosial melalui model inkuiri siswa kelas IV SD Negeri Amis II Desa Amis Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa hanya 50%, sedangkan pada ketuntasan yaitu 50% atau hanya 15 orang yang tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 46,70%, sedangkan pada nilai ketuntasanya mengalami peningkatan sebesar 53,33% atau sebanyak 16 orang siswa yang telah tuntas. Kemudian di siklus ke-II semua capaian nilai peserta didik telah mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata 93,33% atau sebanyak 28 orang siswa yang telah mengalami ketuntasan. Kata kunci : Inkuiri, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 17:05 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 17:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7238 |
Actions (login required)
View Item |