PENERAPAN MODEL AIDA DENGAN MENGGUNAKAN NANO INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Praditya, Galuh (2024) PENERAPAN MODEL AIDA DENGAN MENGGUNAKAN NANO INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 2.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dengan menggunakan nano influencer dalam strategi komunikasi pemasaran di media sosial Instagram, khususnya pada akun Lil Public Official. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana nano influencer berperan dalam menarik perhatian, membangkitkan minat, merangsang keinginan, dan mendorong tindakan pembelian melalui platform Instagram. Teori Computer Mediated Communication (CMC) digunakan untuk memperdalam pemahaman tentang interaksi digital antara brand, nano influencer, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lil Public Official berhasil mengintegrasikan kedua pendekatan ini secara efektif. Melalui strategi storytelling yang memikat, konten yang beragam dan interaktif, serta interaksi personal dengan nano influencer, Lil Public mampu meningkatkan kesadaran dan keterlibatan konsumen dengan produk mereka. Nano influencer tidak hanya sebagai narator utama dalam menyampaikan pesan merek, tetapi juga sebagai representasi langsung dari komunitas atau segmen pasar yang mereka wakili. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman tentang bagaimana teori CMC dapat diterapkan dalam konteks pemasaran digital menggunakan nano influencer. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pihak terkait industri untuk mempertimbangkan strategi komunikasi pemasaran yang lebih personal dan terukur melalui kolaborasi dengan nano influencer di platform media sosial. Kata kunci: Model AIDA, nano influencer, Computer Mediated Communication (CMC), Instagram, strategi komunikasi pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:22
Last Modified: 08 Oct 2024 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72342

Actions (login required)

View Item View Item