AUTHORITATIVE PARENTING STYLE DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN SELF-ESTEEM ANAK

Angeline, Crysthalia (2024) AUTHORITATIVE PARENTING STYLE DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN SELF-ESTEEM ANAK. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
3. Abstrak (3 Bahasa).pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Kata Pengantar.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Authoritative Parenting Style Dalam Pembentukan Karakter dan Self-Esteem Anak” (Studi Fenomenologi pentingnya Auhtoritative Parenting Style Dalam Pembentukan Karakter dan Self-Esteem Anak di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pola asuh otoritatif berperan penting dalam pembentukan karakter dan self-esteem anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz dengan teori Tabula Rasa John Locke dan teori Interaksi Simbolik George Herbert Mead. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan dan wawancara mendalam, sehingga Fenomenologi Alfred Schutz digunakan untuk menganalisis motif, makna dan tindakan yang mendasari pola asuh otoritatif, sementara teori Tabula Rasa John Locke membantu menjelaskan bagaimana pengalaman dan pendidikan membentuk karakter dan self-esteem anak dan teori Interaksi Simbolik George Herbert Mead memberikan perspektif tentang bagaimana interaksi sosial antara orang tua dan anak mempengaruhi pembentukan konsep diri dan self-esteem anak melalui proses internalisasi norma dan harapan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua yang menerapkan pola asuh otoritatif memiliki motif untuk membimbing anak menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab, dengan tujuan membentuk karakter yang baik dan self-esteem yang tinggi. Tindakan-tindakan seperti mendengarkan anak, memberikan penjelasan atas aturan, serta memberikan dorongan positif, membuktikan efektif dalam membentuk karakter dan self-esteem anak. Makna dari pola asuh otoritatif terletak pada penciptaan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal anak, di mana terdapat saling pengertian dan komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya orang tua untuk menerapkan pola asuh otoritatif dalam mendukung perkembangan anak yang sehat dan seimbang. Diperlukan upaya lebih lanjut dalam pendidikan dan pelatihan bagu orang tua untuk memahami dan menerapkan pola asuh otoritatif secara efektif. Kata Kunci: Pola asuh otoritatif, Orang tua, Anak, Karakter, Self-esteem

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:11
Last Modified: 08 Oct 2024 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72336

Actions (login required)

View Item View Item