QINTHARA NABILA, 205060045 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS II SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (893kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi canva dan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran biasa di kelas II SD selain itu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan, peningkatan serta pengaruh pengunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi canva terhadap kelampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas II SDN Rahayu 01. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas II SDN Rahayu 01 sebanyak 56 peserta didik. Sampel dari penelitian ini yaitu dua kelompok, kelas II B kelas eksperimen dan kelas II A kelompok kelas kontrol. Pada kelas eksperimen perlakuan yang diberikan yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match (kartu berpasangan) serta proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match berjalan dengan baik tidak ada kendala yang membuat proses pembelajaran menjadi terhambat. Pada pembelajarn mengunakan model kooperatf tipe make a match memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas II. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest pada kedua kelas tersebut. Serta dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adanya peninggakatan yang tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan model pembelajaran koperatif tipe make a match ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas II SDN Rahayu 01. Kata Kunci: kooperatif tipe make a match, canva, pemecahan masalah matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:38 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72271 |
Actions (login required)
View Item |