DESTIA JIHAN SANA, 205010033 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHAT GPT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (QUASI EKSPERIMEN DI KELAS XII SMAN 1 CICALENGKA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Arus teknologi di Indonesia saat ini semakin berkembang tetapi tidak sebanding dengan perkembangan teknologi di dunia Pendidikan. penggunaan media pembelajaran di sebagian besar sekolah, yang masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan rasa jenuh pada peserta didik terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menguji efektivitas dan efisiensi penggunaan media pembelajaran berbasis AI, khususnya Chat GPT, terhadap tingkat motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu metode quasi eksperimen dengan dua variabel: pengaruh media pembelajaran Artificial Intelligence Chat GPT (X) terhadap tingkat motivasi peserta didik (Y) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AI Chat GPT memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik hasil dari uji linear sederhana yaitu Media Pembelajaran Artificial Intelligence Chat GPT (X) berpengaruh positif terhadap Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Variabel X (media pembelajaran Artificial Intelligence Chat GPT) pada penelitian ini saling berhubungan dengan Variabel Y (tingkat motivasi belajar peserta didik). Data dari angket menunjukkan bahwa 84.9% peserta didik (45.5% sangat setuju, 39.4% setuju) merasa lebih termotivasi dalam mencari materi PPKn menggunakan media AI Chat GPT. Hal ini menegaskan bahwa penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran PPKn efektif dan efisien dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Artificial Intelligence, Chat GPT, Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:34 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72268 |
Actions (login required)
View Item |