KUALITAS PELAYANAN SEWA TANAH PADA BIDANG PELAYANAN DI BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BKAD) KOTA BANDUNG

Putri, Indira Adithyanti (2024) KUALITAS PELAYANAN SEWA TANAH PADA BIDANG PELAYANAN DI BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BKAD) KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung yang diberikan kewenangan untuk mengelola aset yang dimiliki Kota Bandung, Salah satu asetnya berupa tanah yang dimanfaatkan kepada penyewa/ masyarakat. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada pada kegiatan pemanfaatan sewa tanah, faktor pendukung dalam pelayanan publik dalam pelayanan pemanfaatan sewa tanah, permasalahan yang menjadi hambatan dalam pelayanan pemanfaatan sewa tanah milik Pemerintah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta- fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara, dokumentasi dan telaah dokumen. Adapun informan dalam penelitian menggunakan purposive sampling yang ditentukan sesuai dengan tujuan penelitian, diantaranya yaitu Kepala Sub Bidang sebagai informan kunci, 6 informan pendukung, dan 2 masyarakat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatehui kualitas pelayanan pemanfaatan sewa tanah ditentukan berdasarkan 5 indikator yaitu: tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Hasil penelitian ini bahwa BKAD Kota Bandung telah melakukan dengan baik apa yang harus dilakukan dalam pelayanan publik walaupun belum maksimal. Faktor pendukung di BKAD dalam pelayanan sewa tanah seperti sarana dan prasarana yang memadai, kecermatan pegawai dalam melayani. Dan telah melakukan pelayanan secara online. Namun masih adanya factor penghambat maka hal tersebut ditunjukkan dengan dengan adanya sarana dan prasarana yang belum menunjang pelayanan, belum meratanya system layanan yang komputerisasi, Kurang Pemahaman Penyewa terhadap Prosedur Pelayanan, serta belum adanya pelayanan call center resmi dengan adanya nomor whatsapp khusus untuk konsultasi pun sejauh ini belum berjalan. Saran bagi penulis selanjutnya agar meneliti kegiatan pemanfaatan sewa tanah ini dengan pendekatan fenomenologi, agar penelitian lebih dekat dan terperinci terkait penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman – pengalamannya dalam mendapatkan pelayanan sewa tanah milik Pemerintah Kota Bandung. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Faktor, tanah milik pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:01
Last Modified: 07 Oct 2024 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72208

Actions (login required)

View Item View Item