PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BUDAYA DEMOKRASI (Quasi eksperimen pada siswa kelas 6 di SDN Pasirlayung 03)

Naluritha, Talitha Intan, 205060071 (2024) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BUDAYA DEMOKRASI (Quasi eksperimen pada siswa kelas 6 di SDN Pasirlayung 03). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan talita.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas VI SDN Pasirlayung 03 menjadi subjek penelitian yang mengkaji pengaruh paradigma pembelajaran kooperatif seperti Team Games Tournament (TGT). tentang budaya demokrasi. Ketidaktertarikan siswa dan kinerja buruk dalam penilaian konten terkait budaya demokrasi menginspirasi penyelidikan ini. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa SDN Pasirlayung 03 dalam mengingat informasi tentang budaya demokrasi dengan menggunakan metodologi pembelajaran kooperatif berbasis Team Games Tournamen menjadi pendorong penelitian ini.Bersifat eksperimental, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan analisis deskriptif berdasarkan Quasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas VI SDN Pasirlayung 03. Dalam prosedur pemilihan acak, Kelas 6A dan 6B masing-masing ditugaskan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode dan alat berbasis penelitian digunakan untuk menilai hasil proses pembelajaran. Sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar siswa pada soal tes yang diberikan sebagai instrument, menunjukkan bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan dengan mengajarkan budaya demokrasi dengan menggunakan model yang menyerupai permainan tim. Temuan uji t menunjukkan tingkat signifikansi 0,037 > 0,05. Pembelajaran transformatif (TGT) meningkatkan pengetahuan siswa kelas enam tentang masyarakat demokratis, menurut penelitian. Perusahaan Tingkat Ketiga SDN Pasirlayung Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Games Tournament, Budaya Demokrasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:02
Last Modified: 07 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72206

Actions (login required)

View Item View Item