Hakim, Ghifari Rachman (2024) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN APLIKASI DIGITAL BTN MOBILE BANKING PADA BANK TABUNGAN NEGARA KOTA BOGOR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Bab1 gipar.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar gipar.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
lember sah gipar.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi gipar.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka gipar.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ringkesan gipar_Combine.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2 gipar.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
cover gifar.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Inovasi Pelayanan Publik Menggunakan Aplikasi Digital BTN Mobile Banking Pada Bank Tabungan Negara Kota Bogor merupakan langkah strategis untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi layanan keuangan bagi masyarakat. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah nasabah dalam mengelola transaksi perbankan secara digital tanpa harus mengunjungi kantor cabang. BTN Mobile Banking menghadirkan berbagai fitur seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian produk digital, dan informasi saldo secara real-time. Inovasi ini tidak hanya mendukung inklusi keuangan, tetapi juga membantu percepatan transformasi digital di sektor perbankan. Dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan kecepatan transaksi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan secara terperinci terkait dengan inovasi pelayanan publik menggunakan aplikasi digital BTN Mobile Banking, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Tolak ukur guna mengetahui sejauh mana inovasi pelayanan publik menggunakan aplikasi digital BTN Mobile Banking peneliti mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Diffusion of innovation edisi 5 Menurut Yogi Suwarno (2016) dengan dimensi: Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik aplikasi digital BTN Mobile Banking sudah cukup berjalan dengan baik namun belum maksimal. Hambatan dari inovasi tersebut mengenai perihal nasabah saat menggunakan aplikasi BTN Mobile Banking menyatakan bahwa sering terjadinya close app atau force close seperti saat menggunakan aplikasi BTN Mobile Banking secara sistem langsung keluar aplikasi dengan sendirinya, dan transfer saldo yang hilang seperti transfer terkirim namun saldo sudah kepotong. Nasabah pun merasakan hal seperti ini membuat tidak nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Mobile Banking
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 05:06 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 05:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72179 |
Actions (login required)
View Item |