PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ADILAH, VIONA NUR (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah pencapaian atau hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melalui proses belajar. Salah satu permasalahan yang muncul adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimental dengan model non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem based learning berbantuan media video pembelajaran dan kelas IV D sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian uji statistik memperoleh nilai rata-rata pretest dari kelas eksperimen sebesar 64.24 dan posttest sebesar 81.28 sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata prestest sebesar 58.60 dan postest sebesar 62.52, maka membuktikan analisis pada kelas kelas eksperimen lebih besar meningkat dengan diberi perlakuan. Hasil uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji effect size diperoleh sebesar 0,750 yang artinya terdapat pengaruh menggunakan model problem based learning berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based learning, media video pembelajaran, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 08:04
Last Modified: 04 Oct 2024 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72124

Actions (login required)

View Item View Item