Rizki, Felia (2024) MOMEN TERBAIK DI MEDIA SOSIAL Analisis Semiotika Iklan McDonald’s “30 Tahun Bersama di #IniMcDKita” versi Rumah untuk Berbagi Momen Terbaik di Akun Media Sosial YouTube McDonald’s Indonesia. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (39kB) |
|
Text
Kata Pengantar.docx Download (11kB) |
|
Text
Daftas Pustaka.docx Download (8kB) |
|
Text
Daftar isi.docx Download (9kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (233kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (11kB) |
|
Text
Lembar persetujuan.docx Download (7kB) |
|
Text
Abstract.docx Download (14kB) |
Abstract
Istilah iklan sudah tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat. Iklan sering muncul di berbagai media, baik itu televisi, radio, surat kabar, majalah, sosial media hingga baliho di sepanjang jalan. Hingga saat ini pun, iklan digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu bentuk cara untuk memasarkan produk dan jasa. Pengaruh globalisasi yang paling terlihat signifikan adalah berkembangnya media sosial di kalangan masyarakat. Penggunaannya menghadapkan kita dengan berbagai pilihan dalam menyampaikan atau mengakses informasi. Penggunaan media sosial pun dimanfaatkan sebagai sarana dalam beriklan. Salah satu media yang digunakan dalam beriklan tidak lain adalah YouTube. YouTube hingga saat ini merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia dan dijadikan sebagai sarana untuk memasarkan produk dan jasa dari berbagai perusahaan. McDonalds sebagai salah satu perusahaan global terbesar menggunakan kesempatan ini dalam terus memasarkan produknya dengan beriklan di sosial media, terutama YouTube. Iklan McDonalds yang berjudul “30 Tahun Bersama di #IniMCDKita merupakan satu dari sekian banyak iklan yang ditunjukkan oleh McDonalds. Penelitian ini berusaha untuk membongkar makna yang terkandung didalamnya, dimana McDonalds berusaha untuk melihat sisi kehidupan sebagai suatu berkat dalam kebersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penulis mencari dan memahami bentuk penanda (signifier) dan petanda (signified) yang terdapat pada iklan “30 Tahun Bersama di #IniMCDKita”. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif, serta pendekatan teori dari teori semiotika Ferdinand De Saussure sehingga dapat membantu peneliti dalam menganalisis petanda, penanda dan makna yang terdapat pada setiap adegan iklan. Kemudian teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman digunakan sebagai teori pendukung dalam teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian yang diharapkan penulis, iklan tersebut dapat memberikan bentuk representasi mendalam dalam kaitannya dengan realitas kehidupan masyarakat dan memberikan pemahaman mendalam terhadap bentuk promosi dan pesan yang disampaikan oleh McDonalds dalam iklannya. Kata Kunci: Iklan, Media Sosial, YouTube, McDonalds, Analisis Semiotika, Representasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72053 |
Actions (login required)
View Item |