Pangestu, Revald Aryadwipa (2024) STRATEGI BRAND PERSONALITY SENIMAN RIKA RAFIKA PADA ERA DIGITAL DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aspek Dan Manajemen Musik Pop Sunda). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada strategi brand personality seniman Rika Rafika dalam era digital di Kota Bandung, dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teori brand personality yang dikemukakan oleh Aaker (1997). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana lima dimensi brand personality, yaitu Sincerity (ketulusan), Excitement (antusiasme), Competence Sophistication (kompetensi), (kecanggihan), dan Ruggedness (ketegasan), diterapkan dalam membentuk citra Rika Rafika sebagai penyanyi Pop Sunda. Melalui wawancara mendalam dengan Rika Rafika serta beberapa narasumber terkait, diperoleh temuan bahwa kelima dimensi brand personality tersebut diaplikasikan secara konsisten dan berperan penting dalam membangun dan seniman. citra sebagai mempertahankan profesional Rika Rafika Dimensi Sincerity muncul dari komitmennya untuk selalu dekat dengan budaya Sunda dan audiens. Excitement ditunjukkan melalui inovasi yang dihadirkan dalam setiap karyanya. Competence terlihat dari profesionalisme dan keterampilannya dalam bernyanyi dan tampil di panggung. Sophistication tercermin dari citra elegan yang ditonjolkan melalui penampilannya, sedangkan Ruggedness terlihat dari sikap tegas dan otentiknya sebagai seniman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi brand personality yang kuat, adaptif, dan konsisten menjadi kunci keberhasilan Rika Rafika dalam mempertahankan eksistensinya di industri musik Pop Sunda selama hampir dua dekade. Penelitian ini memberikan wawasan bagi seniman lain, manajemen artis, serta industri musik dalam membangun brand personality yang efektif di era digital. Kata Kunci: Brand Personality, Rika Rafika, Musik Pop Sunda, Strategi Branding, Era Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:31 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72027 |
Actions (login required)
View Item |