PENERAPAN METODE THE SILENT WAY BERBANTUAN MEDIA VISME PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI KELAS X DI SMK PUTRA NASIONAL CIBODAS

Nurrachman Mochamad Farhan, 205030052 (2024) PENERAPAN METODE THE SILENT WAY BERBANTUAN MEDIA VISME PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI KELAS X DI SMK PUTRA NASIONAL CIBODAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap kegiatan menulis. Pembelajaran menulis sering kali dianggap membosankan dan sulit oleh siswa, terutama ketika berhadapan dengan teks puisi yang membutuhkan kreativitas dan pemahaman bahasa yang mendalam. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menerapkan metode The Silent Way yang didukung oleh media Visme pada pembelajaran menulis teks puisi di kelas X SMK Putra Nasional Cibodas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Putra Nasional Cibodas, dengan dua kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes menulis puisi, baik sebelum (prates) maupun setelah (pascates) penerapan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis puisi siswa setelah penerapan metode The Silent Way berbantuan media Visme. Siswa yang belajar dengan metode ini menunjukkan peningkatan yang lebih baik X BDP-1 dengan nilai rata-rata prates 56,9 saat perlakuan menggunakan metode The Silent Way berbantuan media visme meningkat nilai rata-rata menjadidi 82,3. Bandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode pembelajaran konvensional. X BDP-2 dengan nilai rata-rata prates 54,4 dan nilai rata-rata pascates 73,3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode The Silent Way dengan bantuan media Visme dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa secara signifikan. Metode ini dapat dijadikan alternatif efektif dalam pembelajaran menulis teks puisi, khususnya dalam meningkatkan kreativitas dan minat siswa terhadap menulis. Kata Kunci : The Silent Way, Menulis, Puisi, Visme

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:26
Last Modified: 04 Oct 2024 01:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71980

Actions (login required)

View Item View Item