PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA

DEWI SULISTIA, 115060024 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover jadi Skripsi.docx

Download (40kB)
[img] Text
Lembar pengesahan Dewi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
3. Pernyataan Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak revisian.docx

Download (18kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
5. Ucapan Terimaksih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Dfatar Isi ALt Dewi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Dewi Oke.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI DEWI Oke.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Dewi Oke.docx
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI Dewi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI Dewi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Gabungan.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran IPS di SDN Kebon Gedang 2 guru masih menjadi fokus pemberi materi kepada siswa, sementara siswa hanya mendengarkan ceramah-ceramah dari guru, sehingga pada saat pembelajaran siswa merasa bosan dan siswa pun kurang aktif. Penelitian ini dirumuskan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head together). Dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head together). Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran IPS dengan mengunakan model pembelajaran tipe NHT (Numbered Head together) dan memperoleh gambaran hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head together). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan tindakan 2 siklus. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart (1998/1999:13). Subyek penelitian yaitu siswa-siswi kelas IV SDN Kebon Gedang 2 yang berjumlah 21 orang siswa. pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan beberapa hasil berikut: Pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head together) pada siklus I masih terdapat kekurangan karena guru tidak menyampaikan materi pengantar. Sedangkan pada siklus II pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head together) sudah baik, dilihat dari kinerja guru yang sudah baik dan pelaksanaannya pun sudah sesuai dengan perencanaan. Untuk hasil belajar siklus I, rata-rata kelas yang diperoleh sebesar (71,43%), dan pada siklus II rata-rata kelas yang diperoleh sebesar (90,48%). Dari hasil diatas, penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya. Untuk itu usahakan dalam pembelajaran IPS guru menerapkan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Kata kunci: Kooperatif tipe NHT dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 14:43
Last Modified: 01 Aug 2016 14:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item