PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI (Survei Pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMKN 1 Gantar)

KARISMA WIDHY, 205020071 (2024) PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI (Survei Pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMKN 1 Gantar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sarana prasarana, motivasi belajar, dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif akuntansi, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik. Permasalahan yang diangkat meliputi: (1) Ketersediaan sarana prasarana, (2) Motivasi belajar, (3) Prestasi belajar, (4) Pengaruh sarana prasarana terhadap peningkatan prestasi belajar, (5) Pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar, (6) Pengaruh simultan sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory survey dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketersediaan sarana prasarana, motivasi belajar, dan prestasi belajar baik. Sarana prasarana memberikan pengaruh sebesar 15,3%. Motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 56,8%. Secara simultan, sarana prasarana dan motivasi belajar menunjukkan pengaruh sebesar 56,9%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sarana prasarana dan motivasi belajar memiliki pengaruhbaik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis sarankan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar mengingat 43,1% variabilitas prestasi belajar yang belum terjelaskan. Kata Kunci: Sarana Prasarana, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:50
Last Modified: 02 Oct 2024 08:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71131

Actions (login required)

View Item View Item