Fazreen Salmanda Dwi, 205030065 (2024) ANALISIS RETORIKA TEKSTUAL PADA BUKU KUMPULANCERPENROKAT TASE KARYA MUNA MASYARI SEBAGAI ALTERNATIF BAHANAJARPADA PESERTA DIDIK FASE E KELAS X BERDASARKAN KURIKULUMMERDEKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalammenulis cerpen, karena kurangnya pemahaman pada kaidah kebahasaan. Untukitupenulis akan menganalisis cerpen pada buku kumpulan cerpen Rokat Tase karyaMuna Masyari dari kaidah kebahasaannya. Hasil penelitian ini dimanfaatkan untukbahan ajar dalam bentuk modul menulis teks cerpen untuk peserta didik kelas XSMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku kumpulan cerpen Rokat Tase karya Muna Masyari. Adapun hasil analisis retorika tekstual dalamkumpulancerpen Rokat Tase karya Muna Masyari meliputi, prinsip prosesibilitas sebanyak132 data, terdapat struktur berat-ringan sebanyak 0% data, hubungan subordinasi sebanyak 6,5% data, dan proses sebanyak 0,5% data. Prinsip kejelasan sebanyak33data atau 16,5%. Prinsip ekonomi sebanyak 20 data, terdapat pronominalisasi 9,5%data, subtitusi 0% data, dan elipsis 0,5% data. Prinsip ekspresivitas sebanyak18data, terdapat kausalitas 9,5% dan urutan waktu 1,5%. Dari hasil kajian retorikatekstual dijadikan sebagai bahan ajar dalam bentuk modul menulis teks cerpen. Hasil validasi bahan ajar Bahasa Indonesia fase E kelas Xberupa modul memperoleh skor rata-rata keseluhan yaitu 90,12 sehingga termasuk dalamkategori sangat layak. Dari hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks cerpenlayak digunakan untuk pembelajaran teks cerpen fase E kelas X. Kata Kunci: Analisis, retorika tekstual, cerpen, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71075 |
Actions (login required)
View Item |