FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TREN FASHION SKENA SEBAGAI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN

Ichsan, Firza Muhammad (2024) FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TREN FASHION SKENA SEBAGAI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Skripsi Firza.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Fear Of Missing Out (Fomo) merupakan suatu Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kecemasan atau ketakutan bahwa seseorang akan kehilangan pengalaman atau peluang berharga yang dialami orang lain. Tren ini semakin meluas berkat munculnya jejaring sosial, di mana pengguna dapat mengamati aktivitas dan kehidupan orang lain. Penelitian berjudul “Fear Of Missing Out (Fomo) Tren Fashion Skena Sebagai Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fisip Unpas” ini memiliki tujuan untuk mengetahui tren fashion skena yang berada di masyarakat dan mengetahui dampak dari orang-orang yang fomo terhadap tren ini. Dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang mana terdapat 3 indikator dalam mendukung penelitian peneliti yaitu, mind, self, dan society. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme sebagai suatu pendekatan yang mengkaji secara sistematis tindakan-tindakan individu atau kelompok yang mempunyai dampak sosial yang signifikan dengan mengamatinya secara menyeluruh dan langsung dalam konteks kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui tahap wawancara, observasi hasil wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini diperoleh melalui para informan mahasiswa yang mengikuti tren, informan ahli di bidang fashion, dan informan akademik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa seluruh informan ini mahasiswa Fisip Unpas, fomo terhadap tren fashion skena ini dan hampir seluruh informan inti berperilaku konsumtif dalam pembelian produk-produk fashion mereka. pemaknaan mengenai skena indie dari setiap informan dan di masyarakat ternyata berbeda beda, serta membuktikan bahwa indikator mind, self, dan society, sangat berhubungan satu sama lain yang mana mind dan self menjadi pengaruh pada fomo tren fashon skena ini. Kata kunci: Fear Of Missing Out (Fomo), Tren Fashion Skena, Skena Indie, Perilaku Konsumtif, Teori Interaksi Simbolik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:14
Last Modified: 30 Sep 2024 08:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70920

Actions (login required)

View Item View Item