Ramadhan, Muhammad Noval (2024) ANALISIS SEMIOTIKA DALAM IKLAN ROKOK SAMPOERNA A BRANDS EDISI BUKAN MAIN 2023 PENDEKATAN CHARLES SANDERS PIERCE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan (Pengesahan).pdf Download (827kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Memahami keinginan kelompok masyarakat untuk melarang iklan tembakau di lembaga penyiaran, hal ini didasari oleh kepedulian untuk melindungi anak-anak dan kesehatan masyarakat dari bahaya tembakau yang terkandung dalam rokok. Iklan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan masyrakat, terutama dalam pemasaran dan perilaku konsumen. Pada 2023 Sampoerna mengeluarkan iklan dengan edisi spesialnya yakni edisi bukan main. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari tanda-tanda pada iklan Sampoerna A Brands Edisi Bukan Main 2023. Teori yang digunakan dalam penelitian ini tentunya menggunakan teori Semiotika oleh Charles Sanders Pierce yang terdiri dari sign yaitu tanda berupa fisik, object yaitu acuan dari tanda dan interpretant yaitu konsep dari hubungan tanda dari sebuah pemikiran. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif dengan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini semiotika Charles Sanders Pierce dengan mengidentifikasikan tanda dengan trikotomi tanda yaitu icon, index dan simbol yang terdapat dalam iklan Sampoerna A Brands. Analisis Semiotika Sampoerna A Brands 2023 edisi bukan main dengan pendekatan Charles Sanders Pierce menunjukan adanya makna sign pada frame yang ditampilkan, lalu object berupa gedung tinggi, orang berpakaian berwarna, bentuk dan warna pada logo dan interpretant menggambarkan makna kerja keras, kebebasan, kebahagian yang dilihat dari hubungan antara objek dan tanda pada iklan Sampoerna A Brands Penelitian ini diharapkan mampu membantu bagi akademisi dapat mempelajari lebih dalam melalui narasi iklan rokok dalam penelitian ini sehingga dapat mengetahui lebih dalam pemaknaan narasi dengan bahasa gaul dalam Iklan Sampoerna A Brands 2023 sementara dan bagi praktisi periklanan khususnya iklan rokok dengan penelitian ini akan membantu gaya periklanan yang dilakukan oleh Sampoerna A Brands melalui Analisis Semiotika pada penelitian ini. Kata Kunci: Semiotika, Sampoerna A Brands, Iklan, Rokok
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 01:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 01:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70699 |
Actions (login required)
View Item |