PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI PENDIDIKAN (KPP) MANDIRI CIKANCUNG

Rusmanwijaya, Rd. Andika (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI PENDIDIKAN (KPP) MANDIRI CIKANCUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR RD. ANDIKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI RD. ANDIKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN RD. ANDIKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA RD.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER RD, ANDIKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSRAK RD. ANDIKA.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BABII RD. ANDIKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I RD. ANDIKA.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Koperasi Karyawan Pendidikan berdiri pada tahun 1968 atas dasar kepentingan suatu organisasi ekonomi untuk mencapai tujuan yang sama dan kesejahteraan yang sama. Koperasi Karyawan Pendidikan ini beranggotakan yang mencakup tiga wilayah, yaitu wilayah kecamatan cicalengka, wilayah kecamatan nagreg, dan wilayah kecamatan cikancung. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat permasalahan yaitu kurang cepat dan tanggapnya pelayanan pada layanan pinjaman kredit sehingga menyebabkan anggota harus menunggu higga beberapa hari untuk mendapatkan pinjamannya hal itu menyebabkan kurang puasnya anggota terhadap pelayanan yang didapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota koperasi pegawai Pendidikan (KPP) Mandiri Cikancung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, teknik pengumupulan data meliputi data primer dengan observasi non partisipan, wawancara, dan kuesioner kepada 43 responden, dan data sekunder. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif skor variabel, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, korelasi rank spearman, uji hipotesis. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian, nilai t hitung menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan adalah 7.399 dengan nilai sig = 0.000. Karena nilai t hitung = 7.399 > 2.021 serta nilai sig = 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel X (Kualitas Pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Kepuasan Anggota) pada Koperasi Pegawai Pendidikan (KPP) Mandiri Cikancung sebesar 57,2% sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi factor-faktor lain seperti kredit macet, keterbatasan pemahaman, pengelolaan kurang efektif dll. Dalam penelitian ini, menemukkan hambatan yang terjadi yaitu kurangnya komunikasi dan kurangnya pelatihan karyawan. Upaya yang dilakukan dengan menyediakan saluran komunikasi, mengadakan pelatihan rutin, dan menambah sistem transfer. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan membuat sistem untuk mengumpulkan dan menanggapi umpan balik secara aktif melalui survei forum atau kotak saran. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:00
Last Modified: 26 Sep 2024 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70657

Actions (login required)

View Item View Item