Yuniatri Elita, 205030023 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA VISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis puisi bagi peserta didik sangat penting karena dapat merangsang kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kenyataannya, menulis puisi dianggap sebagai aktivitas yang cukup sulit bagi peserta didik. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan model dan media pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media visme; 2) Mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sebelum diberi perlakuan dengan model pembelajaran RADEC berbantuan media visme; 3) Mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran RADEC berbantuan media visme; 4) Mengetahui keefektifan model pembelajaran RADEC berbantuan media visme dalam pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-8 (kelas eksperimen) dan XI-2 (kelas kontrol). Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penulis mampu menerapkan pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media visme dengan nilai A (Sangat Baik); 2) Peserta didik belum mampu menulis puisi dengan baik sebelum diberi perlakuan, dengan rata-rata nilai prates kelas eksperimen 66,73 dan kelas kontrol 65,13; 3) Peserta didik mampu menulis puisi dengan baik sesudah diberi perlakuan, dengan rata-rata nilai pascates kelas eksperimen 89,17 dan kelas kontrol 79,40; 4) Model pembelajaran RADEC berbantuan media visme pada kelas eksperimen cukup efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi, dengan hasil uji N-Gain Score 67,60% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 41,41% dengan kategori kurang efektif. Kata kunci: Model Pembelajaran RADEC, Media Visme, Menulis Puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:41 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70591 |
Actions (login required)
View Item |