Zaelani, Zahra Fauziah (2024) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA USAHA CRICKET FAST FARM BOGOR DI KABUPATEN BOGOR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Usaha Cricket Fast Farm Bogor merupakan jenis usaha peternakan milik pribadi yang aktivitasnya adalah membeli telur jangkrik kemudaian membesarkan telur jangkrik dan menjual jangkrik yang sudah sedikit dewasa. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2020, terletak di Gg. Saleh RT01/RW 05 Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Usaha ini dijadikan objek penelitian dikarenakan terdapat fenomena belum adanya strategi pengembangan usaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum usaha Cricket Fast Farm Bogor, mengetahui strategi pengembangan usaha pada usaha Cricket Fast Farm Bogor, mengetahui faktor-faktor penentu strategi pengembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekata kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik pengumpulan data skunder dari berbagai sumber buku dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan strategi pengembangan usaha Cricket Fast Farm Bogor terlihat dari nilai Matriks IFE bahwa factor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 2,80, hal ini menunjukkan bahwa usaha Cricket Fast Farm Bogor berada diposisi internal yang cukup kuat. Selanjutnya di dalam Matriks EFE menunjukkan bahwa faktor peluang dan ancaman memiliki skor 2,79, hal ini menujukkan bahwa usaha Cricket Fast Farm Bogor melihat peluang dan ancaman yang berasal dari lingkungan eksternal dengan cukup baik. Hasil analisis kuadran SWOT menunjukkan posisi usaha Cricket Fast Farm Bogor berada pada kuadran I yang harus diterapkan adalah startegi pertumbuhan progresif. Strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk dapat ditingkatkan. Saran yang bisa peneliti berikan adalah usaha Cricket Fast Farm Bogor diharapkan dapat mempertahankan kualitas dan kuantitas produk dan dapat memperluas pasar dengan menggunakan pemasaran digital sehingga dapat meningkatkan penjualan. Kata Kuncil: Usaha Cricket Fast Farm Bogor, Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70482 |
Actions (login required)
View Item |