PENERAPAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL, DAN DAMPAK) BERBANTUAN MEDIA QUIZALIZE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MARSELINA SERLI, 205030107 (2024) PENERAPAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL, DAN DAMPAK) BERBANTUAN MEDIA QUIZALIZE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi menulis teks berita yang menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang inovatif dan kreatif sehingga pembelajaran cenderung monoton dan tidak menarik. Maka dari itu, penulis melaksanakan penelitian menggunakan metode STAR berbantuan media Quizalize. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode STAR berbantuan media Quizalize dalam pembelajaran menulis teks berita, dan menguji kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita, serta mengkaji perbedaan kemampuan dalam menulis teks berita peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode STAR berbantuan media Quizalize dengan peserta didik kelas kontrol yang hanya menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat hasil sig dari uji Independent sample t test. Hasil sig dari uji tersebut adalah 0,026 < 0,05. Adapun metode STAR berbantuan media Quizalize efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita. Rata-rata prates kelas eksperimen dari 63.26 menjadi 84.26 pada pascates kelas eksperimen. Rata-rata kelaas kontrol dari 55,26 menjadi 77,48 pada pascates. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen 84.26 sedangkan kelas kontrol 77.48. Dengan demikian pembelajaran yang dilaksanakan berhasil dengan baik. Kata Kunci : STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil, dan Dampak), teks berita, Quizalize.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:29
Last Modified: 21 Sep 2024 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70415

Actions (login required)

View Item View Item