PELAYANAN KEMANUSIAAN MELALUI PROGRAM HOME (HUG, OPPURTUNITY, MENTALITHY, EDUCATION) CHILDREN LEARNING CENTER DALAM PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI HUMAN INITIATIVE JAWA BARAT

Buana, Fairuz Pavita (2024) PELAYANAN KEMANUSIAAN MELALUI PROGRAM HOME (HUG, OPPURTUNITY, MENTALITHY, EDUCATION) CHILDREN LEARNING CENTER DALAM PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI HUMAN INITIATIVE JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
J. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
I. Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
M. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. Cover.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. Daftar Isi.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. Daftar Tabel.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. Lembar Pengesahan.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. Kata Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kemanusiaan merupakan hal terpenting dalam membantu memenuhi hak anak atas pendidikan melalui pengimplementasian suatu program pada lembaga kemanusiaan. Lembaga yang mewadahi anak agar tetap terpenuhi haknya dalam pendidikan serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosialnya adalah Human Initiative Jawa Barat. Sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Human Initiative melalui pilar “initiative for children” dalam sebuah program yang sasarannya pada anak-anak yaitu program HOME Children Learning Center. Pelayanan kemanusiaan yang diberikan oleh Human Initiative adalah pendidikan secara nonformal yang dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak yang kurang dari segi finansialnya untuk tetap dapat mengakses terhadap pendidikan dengan gratis yang dapat mendukung kebutuhan dan pengembangan keterampilan yang mereka miliki. Tujuan program pendidikan ini didirikan adalah agar seorang penerima manfaat tersebut dapat terpenuhi hak dasarnya seperti hak non- diskriminasi, hak hidup, hak berpartisipasi, hak menyatakan pendapat, hak perlindungan, hak bermain melalui program pendidikan yang sudah di tetapkan dan di dukung oleh faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam pemberian pelayanan terhadap pemenuhan hak pendidikan anak serta implikasi teoretis dan praktis terhadap pengembangan ilmu kesejahteraan sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana informan yang dipilih didasarkan pada kriteria tertentu. Adapun jumlah informan yang diteliti adalah 7 orang dengan kriteria informan kunci yakni 4 orang pengurus lembaga dan informan tambahan 3 orang anak penerima manfaat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indicator yang mendukung proses pengimplementasian terhadap pelayanan kemanusiaan sudah berjalan optimal. Dalam pelaksanaan program pembelajarannya juga memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan rutin maupun kegiatan outing class serta prinsip hak anak juga menunjukkan pengaruh yang baik terhadap perkembangan akademik maupun non-akademik yang didukung dengan factor- faktor pendorong anak. Kata Kunci: Pelayanan Kemanusiaan, Hak Pendidikan Anak, Human Initiative, HOME Children Learning Center.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:56
Last Modified: 23 Sep 2024 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70411

Actions (login required)

View Item View Item