PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS

Patrisia, Friska, 205060198 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat membuat tuntutan sumber daya manusia dan keterampilan serta keahlian yang dimiliki-pun semakin tinggi. Dengan kondisi tersebut, maka siswa harus dengan membina dan melatih mereka menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten, selain berbekalkan pengetahuan, sikap dan bakat yang dimiliki, peserta didik harus menguasai keterampilan abad 21 yang meliputi enam kecakapan yang dikenal dengan istilah 6C kecakapan tersebut, diantaranya: character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi quizizz peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa mata pembelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment tipe nonequivalent control group design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes 10 soal esai dengan hasil uji instumen menunjukkan soal siap digunakan. Berdasarkan hasil yang sudah peneliti analisis pada data terhadap kemampuan penguasaan konsep pada peserta didik menggunakan uji N-gain Score pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil uji N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 47.32 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu, dari hasil uji Paired Sample T-Test didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan uji hipotesis yang sudah dianalisis, dengan keputusan Ho ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi quizizz terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPAS di kelas IV di SDN 145 Binong Jati. Kata Kunci: Model Problem Based Learning , Quizizz, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:16
Last Modified: 20 Sep 2024 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70380

Actions (login required)

View Item View Item