Dayani, Rosi (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA ALFAGIFT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ALFAMART CABANG PUNGKUR BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
PT. Sumber Alfaria Tbk atau Alfamart merupakan brand minimarket yang bergerak pada bidang ritail yang menjual rokok atau dagangan-dagangan konsumsi yang berdiri pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa ditemukan adanya permasalahan yang berkaitan dengan kepuasan konsumen yaitu pada indikator kesesuian harapan dan ketidakpuasan pelanggan yang disebabkan oleh kualitas pelayanan yang diberikan melalui reliability (keandalan) dan insurance (jaminan) yang ternilai masih kurang memberikan kepuasan terhadap konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa Alfagift terhadap kepuasan konsumen Alfamart Cabang Pungkur Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipan, wawancara, dan penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 35 responden serta tertuju pada konsumen yang menggunakan jasa Alfagift. selanjutnya Teknik Analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji realiabilitas, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi rank spearman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, terdapat pengaruh sebesar 63,1% dari konsumen Alfagift terhadap kepyasan konsumen Alfamart Cabang Pungkur Bandung, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti diskon produk, faktor persaingan serta peningkatan teknologi yang terus berkembang. Hambatan dalam pelaksanaan kualitas pelayanan jasa Alfagift yaitu kurangnya jumlah karyawan dalam mengantarkan pesanan sehingga masih terjadi keterlambatan pengiriman serta gagalnnya penggunaan voucher pada fitur Alfagift. Sehingga upaya yang dapat diberikan yaitu dengan rekruitmen dan evaluasi berskala mengenai permasalahan tersebut. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah dengan memaksimalkan pelayanan jasa Alfagift dengan menambah jumlah anggota karyawan serta melakukan evaluasi untuk menimalisir permasalahan yang sama. Sehingga Alfagift dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:09 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70325 |
Actions (login required)
View Item |